Peluang Usaha Kecil Menengah

Di Indonesia banyak sekali yang usaha kecil menengah. Dalam hal ini Pemerintah juga sangat mendukung kebijakan mengenai UKM itu sendiri. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil , dan Menengah dapat disimpulkan bahwa yang disebut usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri baik yang dimiliki perseorangan atau kelompok yang tidak menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil. Kriteria Usaha Kecil tersebut memiliki aset antara 50 juta hingga 500 juta rupiah tidak termasuk tanah dan tempat bangunan usaha dan penghasilan usaha yang diperoleh pertahunnya antara 300 juta rupiah hingga 2,5 milyar rupiah.

Sedangkan yang disebut dengan usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri baik kepemilikannya secara individu atau kelompok dan usahanya tidak menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan. Kriteria Usaha Menengah yaitu aset yang dimiliki antara 500 juta rupiah sampai dengan 10 milyar rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan usaha dan penghasilan usaha yang diperoleh pertahunnya antara 2,5 milyar rupiah hingga 50 milyar rupiah.

Bagaimana peluang usaha kecil menengah di Indonsia? Berikut ini peluang Usaha Kecil Menengah yang dapat Anda coba dengan modal sedikit:

A. Bisnis Rumahan secara Offline

1. Bisnis Jasa Menjahit

Usaha ini tidak memerlukan modal yang sangat banyak. Tetapi Anda harus memiliki keterampilan dalam mendesain dan menjahit. Penghasilan yang akan diperoleh juga tidak kalah dengan usaha besar jika Anda mampu memproduksi pakaian sesuai dengan keinginan pelanggan dan hasil kemampuan Anda dalam menjahit sangat baik.

2. Bisnis Kuliner

Jika Anda hobi dengan memasak atau membuat kue mungkin usaha ini dapat membawa hoki untuk Anda. Namun yang perlu diperhatikan dalam berbisnis ini Anda harus kreatif dan memiliki inovasi tinggi untuk menarik perhatian pelanggan. Anda harus menciptakan keunikan pada usaha Anda. Dan Anda juga harus memperhatikan cita rasa kuliner Anda.

3. Bisnis percetakan

Usaha ini juga memilki peluang dalam usaha kecil dan menengah. Teknologi sekarang ini sudah maju, dan percetakan adalah pelaku dari kemajuan teknologi tersebut. Jika Anda mahir di bidang design baik itu dengan aplikasi CorelDraw maupun PhotoShop, mungkin ini salah satu usaha yang dapat menguntungkan Anda. Anda dapat membuka usaha percetakan undangan, percetakan foto, dan percetakan data.

4. Bisnis PPOB jasa pembayaran dan penjualan pulsa
Untuk menjalan bisnis ini memang tidak membutuhkan modal banyak tetapi harus memilih tempat yang strategis dan ramai dimana dapat menjadi tujuan orang yang ingin membeli pulsa dan membayar tagihan bulanan. Pulsa memang menjadi sebuah kebutuhan yang harus terpenuhi bagi sebagian masyarakat sehingga memiliki peluang yang besar untuk memperoleh keuntungan. Walapun margin keuntungan kecil tetapi dapat menjadi besar dari faktor kali dan jumlah orang yang menjadi pelanggan membeli pulsa dan membayar tagihan.

B. Bisnis Rumahan secara Online

1. Web Developer

Usaha ini memiliki peluang yang sangat besar karena jarang sekali orang yang dapat membuat blog atau website sebagus dan profesional seperti mereka. Apalagi sekarang ini penjualan, pemasaran produk, dan pemesanan tiket melalui online. Tentu untuk menarik perhatian pelanggan harus dengan desain website semenarik mungkin.

2. Bisnis Affiliasi

Merupakan usaha pemasaran produk baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pemasarannya bisa melalui berbagai media sosial.

Beberapa uraian diatas merupakan peluang usaha kecil menengah yang bisa diambil dan dilakukan dirumah sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan dan menambah pemasukan