Blog Single

02 Apr

Rapat koordinasi sinergisitas BUMDES dan koperasi bersama OPD terkait kabupaten pacitan

Rapat koordinasi sinergisitas BUMDES dan koperasi bersama OPD terkait kabupaten pacitan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019 dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pacitan Ibu Eny Setyowati dengan melibatkan berbagai unsur OPD terkait yang meliputi Dinas PMD, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas pangan, Bagian ekonomi sekertariat Daerah, Bidang Hukum sekertariat daerah kabupaten pacitan dan konsultan PLUT KUMKM pacitan di PLUT KUMKM Pacitan. Tujuan rapat ini dilaksanakan dalam menindaklanjuti MOU antara Kementrian koperasi dan UKM Republik Indonesia dan kementrian desa Republik indonesia tentang sinergisitas BUMDES dan koperasi yang akan berakhir MOUnya pada bulan september tahun 2019.

Adapun rapat koordinasi ini diharapkan sebagai penyamaan persepsi terhadap sinergisitas BUMDES dan Koperasi terutama untuk semua stakeholder terkait sehingga dapat menyusun strategi pola kerjasama ataupun model yang bisa diterapkan untuk koordinasi sinergisitas BUMDES dan koperasi. Banyak aspek yang dibahas untuk menyusun strategi terhadap berbagai desa sasaran yang emungkinkan untuk menjadi contoh dalam implementasi pola sinergisitas BUMDES dan koperasi. Beberapa desa yang menjadi sasaran pembahasan meliputi:
1. Desa Ketro kecamatan kebonagung
2. Desa Donorojo Kecamatan donorojo
3. Desa Kalak kecamatan Punung
4. Desa Sooka Kecamatan Punung
5. Desa Sooba kecamatan Pringkuku
6. Desa Ngumbul Kecamatan Tulakan
7. Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo
8. Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan
9. Desa Kembang Kecamatan Pacitan
10. Desa Karanggede Kecamatan Arjosari

Dari beberapa desa tersebut telah menjadi pembahasan tentang berbagai potensi dan skema kerjasama yang bisa dijalankan secara baik oleh BUMDES dan Koperasi. Untuk mendukung data yang bagus dalam rangka pelaksanaan koordinasi sinergisitas BUMDES dan koperasi maka dirumuskan pula kegiatan penggalaian informasi potensi yang dilaksanakan melalui kunjungan lapangan pada desa sasaran yang telah ditetapkan.

MAka dalam koordinasi sinergisitas BUMDES dan Koperasi tersebut diambil keputusan untuk menggali lebih dalam pola dan model kerjasama melalui identifikasi potensi terhadap BUMDES dan Koperasi di masing-masing Desa sasaran yang telah ditetapkan. Setelah semua desa dkunjungi dan penggalian informasi atau identifikasi telah terlaksana maka selanjutnya akan dibahas dalam forum bersama untuk menelaah dan mengidentifikasi berbagai informasi yang diperoleh.

Selain itu koordinasi sinergisitas BUMDES dan Koperasi ini akan memberikan penguatan terhadap berbagai peran yang harus diambil dalam mendukung perekonomian masyarakat dan melibat berbagai pelaku umkm.

Related Posts

Leave A Comment